Minggu, 22 Januari 2017
laporan magang 1
LAPORAN KEGIATAN MAGANG 1 DI SMP PGRI PAGARALAM
Oleh
MIRSI ARMANSYA
NITRA HAYANI
POPI JUNITA
PITRI MEI SUCIATI
RANI WIDIA ASTUTI
RIKO AGUSTIAWAN
TEDY EFRIZAL
TRIO KRISTIAN
TUTI AFRIANI
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP)
MUHAMMADIYAH PAGARALAM
2015-2016
Diketahui:
Pagaralam, September 2015 Pagaralam, September 2015
Dosen Pembimbing, kepala SMP PGRI Pagaralam
NUR ASIAH, M.Pd ELPANSYAH, M.Pd
NBM
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat segala nikmatnya penulis dapat menyelesaikan laporan Magang 1 ini tapat pada waktunya. Laporan ini disusun sebagai syarat penyelesaian magang 1 yang telah penulis laksanakan di SMP PGRI Pagaralam dari tanggal 1 September 2015 sampai dengan 7 September 2015 sekaligus sebagai salah satu persyaratan pada mata kiliyah magang 1 pada Sekolah Tinggi dan Ilmu Kependidikan (STKIP) Muhammadiyah Pagaralam.
Penulis menyadari betul dalam penyusunan laporan ini masih banyak sekali kekurangan, maka dari itu penulis harapkan saran dan keritik yang sifatnya mebangun demi kesempurnaan laporan ini. Semoga laporan ini nantinya dapat memberikan manfaat, tidak hanya bagi penulis pribadi akan tetapi juga bermanfaat bagi segenap pihak yang membacanya.
Dalam penulisan laporan ini, penulis telah menfapatkan informasi dari berbagai pihak. Maka dalam kesampatan ini penulis ingin mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu selama penulisan laporan ini:
Bapak selaku ketua STKIP Muhammadiyah Pagar Alam
Bapak Jemiyo Siswanto,S.Pd.M.Pd selaku ketua Prodi Matematika
Ibu Nur Asiyah selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)
Bapak Elfansyah,M,Pd. selaku Kepalah Sekolah SMP PGRI Pagar Alam
Bapak Marwan, ST selaku Waka Kurikulum SMP PGRI Pagar Alam
Bapak Zilius,S.Pd. selaku waka kesiswaan SMP PGRI Pagar Alam
Bapak dan Ibu guru yang selalu memberikan bimbingan dan saran
Semua Dewan Guru dan setap Tata Usaha SMP PGRI Pagar Alam
Teman-tenan rekan Magang STKIP Muhammadiyah Pagar Alam
Siswa-siswi SMP PGRI Pagar Alam
Semoga amal baik yang telah diberikan kepada penulis, mendapatkan imbalan pahala dari Allah SWT. Akhirnya penulis mengucapakan terima kasih, harapan penulis semoga laporan ini bermanfaat dan sebagai bahan acuan perbandingan, khususnya bagi teman-teman Mahasiswa STKIP Muhammadiyah yang akan mengikuti mata kuliah Magang 1.
Pagaralam, September 2015
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Magang merupakan salah satu kegiatan latihan kependidikan yang bersifat intrakurikuler yang dilakukan oleh mahasiswa STKIP Muhammadiyah Pagaralam. Magang mencakup tugas tugas kependidkan,
Magang merupakan mata kuliah yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa yang disyaratkan dalam penyelenggaraan program pendidikan yang direncanakan untuk menyiapkan mahasiswa menjadi calon guru yang memiliki dan menguasai kemampuan keguruan yang terpadu secara utuh.
Guru adalah Panutan bagi setiap siswa yang mempunyai wawasan, Sikap dan keterampialan sebagai warga Negara yang berpendidikan tinggi ,penguasaan bahan ajar, penguasaan dan pemahaman tentang segala hal yang berhubungan dengan peserta didik, pengauasaan teori dan keterampilan keguruan, pemilikan kemampuan melaksanakan tugas professional dalam hubunganya dalam latar kerjanya secara organisatoris.
Adapun Tujuan dari kegiatan observasi ini antar lain, untuk mengetahui keadaan lingkungan sekolah atau keadaan fisik sekolah seperti letak-letak dan tata ruang secara fasilitas pendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut . Selain itu mahasiswa dapat mengenal seluru sataf pengajar, tata usaha dan sataf-staf lainya.
Kegiatan Observasi ini dilakukan oleh seluru mahasiswa yang akan melaksanakan MAGANG 1 di SMP PGRI Pagaralam. Kegiatan observasi ini dilakukan sebelum mahasiswa memulai mendapatkan seluru tugas-tugasnya dari sekolah baik itu tanggung jawab terhadap tugas piket dan kegiatan-kegiatan lain yang harus diikuti oleh mahasiswa selama MAGANG.
Dalam Kegiatan observasi ini mahasiswa dapat memulai beradaptasi dengan perauran atau kebijakan-kebijakan sekolah serta budaya yang dikembangkan di SMP PGRI Pagaralam. Keemudian Mahasiswa juga dapat melihat hubungan social atau interaksi social baik antara guru dengan guru, guru dengan murid, maupun antara murid itu sendiri. Hal ini dapat mempermudah dalam berinteraksi atau bersosialisasi baik dengan seluru staf maupun dengan siswa.
Rumusan Masalah
Berdasarkan Latar belakang masalah diatas dapat dirumuskan beberapa masalah sebagai berikut :
Bagimanakah kondisi lingkungan sekolah SMP Muhammadiyah Pagaralam, baik secara fisik maupun secara interaksi social ?
Bagaimana peraturan atau kebijakan serta budaya yang dikembangkan di SMP Muhammadiyah Pagaralam ?
Bagimana Kondisi Kegiatan-kegiatan yang dilakukan mahasiswa selama praktik Magang ?
Ruang Lingkup
Pelaksanaan magang merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa STKIP Muhammadiyah Pagar Alam di SMP PGRI Pagar Alam mencakup ruang lingkup sekolah, serta kegiatan mahasiswa selama di SMP PGRI Pagar Alam untuk memenuhi persyaratan mata kuliyah magang selnjutnya.
Tujuan
Magang yang dilaksanakan di SMP PGRI Pagar Alam bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi keleluruhan sekolah SMP PGRI Pagar Alam baik dari sarana dan prasarana maupun guru dan siswanya. Serta magang belajar lebih jauh di SMP PGRI Pagar Alam sebagai lembaga dan institusi kependidikan untuk mencari jati diri seorang pendidik yang profesional dan memantapkan kompetensi akademik kependidkan melalui pengamatan langsung kulkur sekolah,pengamatan untuk membangun kompetensi dasar pidagogik (bisa membimbing siswa) kepribadian dan sosial,pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik,pengamatan langsung proses pembelajaran di kelas.
Manfaat
Adapun manfaat yang di peroleh bagi mahasiswa di dalam Magang ini adalah :
Memperoleh pengalaman dalam melaksanakan tugas keguruan, baik dalam administrasi maupun sosial sekolah
Membentuk mental mahasiswa sebagai pendidik
Mendekatkan mahasiswa dengan dunia pendidikan formal yang membutuhkan pengetahuan, keterampilan dan kretifitas.
BAB II
LAPORAN KEGIATAN
2.1 Situasi Umum
SMP PGRI Pagaralam adalah salah satu sekolah menengah pertama yang terletak di jalan Laskar Ihcwan Riduan Rais Kecamatan Pagaralam Utara Kota Pagaralam didirikan pada tahun 1958. Adapun identitas SMP PGRI Pagaralam adalah sebagai berikut :
Nama Sekolah : SMP PGRI Pagaralam
Nomor Statistik : 204110503019
Provinsi : Sumatera Selatan
Pemerintah Kota : Pagaralam
Kecamatan : Pagaralam Utara
Desa/ Kelurahan : Pagaralam
Jalan dan Nomor : Laskar Ihcwan Riduan Rais
Faksimili/ Faxs : -
Kode Pos : 31512
Telepon : (0730) 621623
Daerah : Perkotaan
Status Sekolah : Swasta
Kelompok Sekolah : A
Akreditasi : Terakreditasi
Surat Kelembagaan : Nomor: /III4/1,5/86 Tanggal: 01-04-1986
Penerbit Stok : -
Tahun Berdiri : 1958
Kegiatan Belajar Mengajar : Pagi dan Siang
Bangunan Sekolah : Milik Sendiri
Lokasi Sekolah :
Jarak ke Pusat Kecamatan : 1 km
Jarak ke Pusat Kota/ Kab : 1 km
Terletak pada Lintasan : Desa
2.2 STRUKTUR ORGANISASI SMP PGRI PAGARALAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016
2.3 Riwayat singkat berdirinya sekolah
Untuk memenuhi kebutuhan pendidikan khususnya tingkat sekolah menengah pertama (SMP) pemerintah kota pagaralam yang dahulu masih bergabung dengan pemerintah kabupaten Lahat pada tahun 1956 mendirikan SMP PGRI Pagar Alam yang merupakan peleburan antara SMP Sore Pagar Alam dan SMP Dempo Pagar Alam. SMP Sore Pagar Alam didirikan oleh: bapak Sauf, bapak Marusin Idris, bapak Rohandiswa, ibu Rohaya Hakim dibantu teman-teman. Sedangkan SMP Dempo Pagar Alam didirikan oleh: bapak E.S.Lambung, bapak situmorang, ibu Djuriah, bapak Wasol dibantu taman-taman. Adapun peleburan itu dilaksanakan melalui hasil musyawarah antara guru- guru SMP Sore Pagar Alam dan SMP Dempo Pagar Alam.
Pada awal didirikan SMP PGRI Pagar Alam yang mempunyai luas tanah ± 500m^2 hanya mempunyai 3 ruang kelas, 1 ruang guru, 1 ruang kepalah sekolah, 1 ruang tata usaha (TU), 1 perpustakaan, 2 WC guru, 2 WC siswa, 1 dapur (Ruang Konsumsi) serta lapangan olahraga/upacara (1 Lapangan Volly).
SMP PGRI Pagar Alam dari awal berdiri sampai sekarang telah beberapakali berganti pemimpin diantaranya:
A.Manaf, pemimpin sebelum tahun 1983
Bapak Indra Syafri, memimpin pada tahun 1984-1991
Bapak Harun, MEMIMPIN pada tahun 1991-1997
Bapak tukimin, memimpin pada tahun 1998-2002
Ibu Dariah, memimpin pada tahun 2002-2006
Bapak Imanudin, memimpin pada tahun 2006-2009
Bapak Mukhlis memimpin pada tahun 2009-2014
Bapak Elfansyah memimpin pada tahun 2014- sekarang
Tujuan didirikannya SMP PGRI Pagar Alam yaitu untuk membentuk suatu lembaga sosial yang turut perperan serta mencerdaskan kehidupan bangsa,sesuai dengan tujuan pendidikan.
Dalam perkembangannya SMP PGRI Pagar Alam melalui pengembangan sekolah PGRI yang bernilai plus/positif dengan mengembangkan lima program budaya diantaranya :
Budaya tertip/disiplin
Administrasi sekolah lengkap
Disiplin penggunaan anggaran
Administrasi sekolah tertata rapi, mudah dicari bila diperlukan
Datang dan pulang tepat waktu
Pemberian sangsi dan penghargaan
Budaya bersih
Adanya sistem dalam menjaga kebersihan yang dilibatkan semua warga sekolah
Ruang kelas dan kantor bersih dan rapi
Meja dan kursi bersih dari coretan
Dinding kantor, kelas dan ruangan bersih dari coretan
Halaman dan lingkungan sekolah rapi,dan bersih dari sampah kotoran
WC siswa bersih
Drainase lancar tidak ada air yang tergenang
Halaman masuk dan halaman sekolah tidak becek
Lingkungan sekolah nyaman
Ada tempat samapah (kotak sampah)
Ada tempat pembuangan akhir sampah
Budaya kebersamaan
Ada sistem pembagian tugas warga sekolah
Ada prosedur mekanisme kerja yang jelas menyelesaikan tugas
Ada jaringan koordinasi dan kerjasama formal dan non formal antar komponen sekolah terkait
Warga sekolah membuat target dalam pengembangan sekolah
Ada hubungan baik antar warga sekolah, masyarakat, dan diknas
Warga sekolah kerasan disekolah
Ada dan fungsinya koprasi sekolah
Budaya belajar
Tidak adanya jam kosong
Siswa dan guru memiliki buku pelajaran/refrensi dan sumber lain
Mengfungsikan perpustakaan, laboraturium, ruang praktek keahlian
Budaya akhlak mulia
Berdo`a sewaktu masuk dan dan pulang sekolah
Memberikan salam pada semua warga sekolah dan orang lain
Melakukan peringatan PHBI
Melaksanakan ibadah bersama
Memberikan bantuan amal ketika ada musibah
Melaksanakan takziah dan tausiyah
Peserta didik mencintai kebersihan bersama warga sekolah lainnya
Peserta didik dan warga sekolah mencintai ketertipan
Terbinahnya sifat tolong menolong atau kebersaan
Terbinanya budaya belajar mencintai pengetahuan
Terbinanya sifat sopan santun, salin menghargai dan kasih sayang
Terbinanya sikap gemar beribadah
Budaya akhlak mulia
Malu bila selalu datang terlambat
Malu bila sering tidak masuk sekolah
Malu bila berpakaian tidak rapi
Malu bila tidak menjaga kebersihan kelas dan lingkungan sekolah (tidak piket)
Malu bila teman sekolah sibuk sementara kita diam saja
Malu bila tidak mengerjakan tugas “PR”
Malu bila selalu ditegur guru karena tidak mematuhi tata tertib
Malu bila selalu mendapat nilai jelek
Malu bila tidak berprestasi
Malu bila tidak naik/ tidak lulus
2.5 Denah Gedung Sekolah
BAB III
LAPORAN KEGIATAN
3.1 Visi dan misi sekolah
Visi dan misi sekolah SMP PGRI Pagar Alam adalah sebagai berikut :
visi
unggul dalam prestasi bersama iman dan takwa (IMTAK), indikator :
berprestasi dalam bidang akademik
berprestasi dalam sainganmasuk skolah lanjutan
berpestasi dalam bidang IMTAK
berprestasi dalam bidang ekstrakurikuler
berprestasi dalam bidang Wiyata Mandala
Misi
Melaksanakan pembelajaran yang efektif dan efisien
Menumbuhkembangkan semangat belajar siswa
Mendorong pengembangan potensi siswa
Menumbuhkan semangat keunggulan warga sekolah
Mewujutkan sekolah sebagai Wiyata Mandala
Meningkatakan semangat dan perstasi kerja yang dilandasi oleh iman dan takwa
3.2 Program Umum/Keseluruhan Sekolah
3.2.1 Perencanaan
Penyusunan program tahunan
Pendataan siswa
Pendataan jumlah kebutuhan guru, staf tata usaha dan pembantu karyawan
Penyusunan program kegiatan pembelajaran
Perencanaan kebutuhan buku pelajaran dan pegangan guru
Perencanaan kebutuhan alat dan bahan pelajaran
Pendataan tentang perawatan fisik sekolah
Pendataan kebutuhan ATK
Pendataan kebutuhan peralatan
Ekstrakurikuler
Kesenian
Olahraga
7K
Imtaq
Sanggar tari
Pendataan kebutuhan sarana fisik sekolah
Perencanaan kalender pendidikan
Penyusunan RAPBS dan RKAS
Perencanaan program peningkatan mutu guru
Program kesejahteraan guru dan karyawan
Program kenaikan pangkat guru dan karyawan
Program pembinaan guru dan karyawan
Program kelancaran hubungan dan masyarakat
Program pelaksanaan study banding dengan sekolah lain
Program pembinaan kerjasama sekolah dengan instansi lain
3.2.2 Pengorganisasian
Pembentukan staf pembantu kepala sekolah
Wakil kepala sekolah
Wali kelas
Pembina
Bidang-bidang layanan
Pengaturan staf dan karyawan
Pembentukan tim penyusun RAPBS dan RKAS
Penunjukan tim pembelian barang
Penunjukan tim penerima dan pengeluaran barang
Penerbitan SK Beban Kerja Guru dan Staff Tata Usaha
Penyusunan tim Penilaian Kinerja Guru dan Angka Kredit
3.2.3 Administrasi
KBM
Kantor
Siswa
Karyawan
Perlengkapan
Keuangan
Pembinaan
Komite
Humas
BK
3.2.4 Pelaksanaan Kegiatan Rutin
Kegiatan harian
Memeriksa daftar hadir guru, tata usaha, dan membantu karyawan
Mengatur dan memeriksa kegiatan 7K
Memeriksa kegiatan RPP dan persiapan lain yang menunjanng pembelajaraan
Menyelesaikan surat menyurat, menerima tamu, dan pekerjaan kantor lainnya
Mengatasi hambatan-hambatan terhadap berlangsungnya kegiatan pembelajaran
Mengatasi kasus yang terjadi
Memeriksa segala sesuatu setelah sekolah selesai
Kegiatan mingguan
Mengadakan survei kelas
Upacara bendera senin dan tanggal 17-an
Jum’at bersih dan tausiah singkat setiap hari jum’at
Memeriksa keuangan sekolah, BOS, dan sumbangan sukarela
Memeriksa agenda dan penyelsaian surat- surat
Mengatur penyediaan keperluan perlengkapan/kantor sekolah
Kegiatan bulanan
Awal bulan
.Melaksnakan penyesuaian kegiatan
Pengelolaan BOS,infaq,transport GTT/PTT
Gaji guru dan kariawan
Rencana keperluan perlengkapan sekolah
Melaksanakan pemeriksaan terhadap
Administrasi kelas
Rekapitulasi absensi guru dan karyawan
Kumpulan bahan evaluasi dan analisisnya
Kumpulan prota,promes,RPP
Diagram daya serap siswa
Program perbaikan dan pengayaan
Buku catatan pelaksanaan bk
Akhir bulan
Penutupan bulan
SPJ keuangan
Evaluasi terhadap persediaan dan penggunaan alat dan bahan
Kegiatan semesteran
Menyelenggarakan perbaikan alat-alat sekolah,kantor dan sarana fisik lainya
Pengisian buku induk siswa
Menyelenggarakan evaluasi BK,OSIS,UKS, dan Eksrtakulikuler
Menyelenggarakan kegiatan tengah semester
Mnyelenggarakan kegiatan akhir semester
Semesteran
Pengisian legger
Penetapan nilai raport
Buku catatan siswa yang perlu mendapatkan perhatian khusus
Pengisian nilai semester
Pemberitahuan pemanggilan orang tua siswa sejauh di perlukan untuk konsultasi
Kegiatan akhir tahun pelajaran
Menyelenggarakan kegiatan belajar tambahan untuk kelas IX
Menyelenggarakan try out ,ujian sekolah dan ujian nasional
Menyelenggarakan kesiapan kelulusan siswa
Pengolahan nilai US/UN
Penyiapan bahan bahan untuk rapat pleno kelulusan
Penulisan ijazah
Penyerahan ijazah dan pelepasan
Menyelenggarakan penyiapan kelas dan penyusunan
Pengisian legger
Penyiapan bahan untuk rapat guru
Penerapan nilai raport dan rapat kenaikan kelas
Pengisian raport
Pembagian raport kenaikan kelas
Persiapan PPDB tahun pelajaran yang akan datan
Program tahunan kepala sekolah ini tentu saja dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi sekolah serta keputusan dan kebijakan yang berlaku dimana sekolah berada sesuai dengan stakeholder yang terkait,baik itu dari dinas pendidikan atau pemerintah daerahnya.program ini hanya merupakan bagian terkecil dari program sekolah secara keseluruhan,akan tetapi dapat sedikit memberikan sumbangsih terhadap kita yang di berikan tugas tambahan sebagai kepala sekolah.akhirnya kritikdan saran yang membangun untuk melengkapi program ini dapat kiranya menyempurnakan.tentu saja dalam hal ini tidak terlepas dari bebrapa indikator penilaian kinerja kepala sekolah (PKKS) ,yang menjadi bahan utama untuk dapat kiranya seorang kepala sekolah mengayuhkan kemudinya dalam mencapai sasaran mutu di sekolah.
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Selama melakukan magang di SMP PGRI Pagar Alam selama 1 minggu, maka kami menarik kesimpulan sebagai berikut :
SMP Muhammadiyah berlokasi di jalan Kombes H.Umar No .1123 ,Yang terlatak di pusat kota yang mudah di jangkau oleh kendaraan umum atau pun pribadi.
SMP Muhammadiyah adalah sekolah swasta yang ada di pagaralam yang mempunyai kwalitas terbaik,hal ini dapat dilihat dari banyaknya minat siswa untuk bersekolah di SMP Muhammadiyah. serta tata tertib yang tegas kepada siswa dan menghasilkan lulusan dengan nilai yang memuaskan.
Fasilitas gedung yang memadai sehingga dapat mendukung kegiatan belajar-mengajar.
Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah Pagaralam dalam menjalankan tugasnya di Bantu oleh wakil kepala sekolah yang membawahi bidang masing-masing.
Tata usaha mempunyai peran yang sangat besar guna memperlancar pelaksanaan adminitrasi sekolah dengan baik dan lancar.
Hubungan antara Kepala Sekolah dengan Guru,antara sesame guru serta guru dengan siswa sangat berjalan dengan baik sehingga mendukung keadaan yang aman dan tentram di lingkungan SMP Muhammadiyah
4.2 saran
Kepada seluruh komponen yang berkompeten terhadap SMP PGRI Pagaralam hendaknyadapat mempertahankan, atau lebih meningkatkan kedisiplinan dankwalitasnya diantara SMP-SMP negeridan swasta di Pagaralam.
Kedisiplinan siswa lebih ditingkatkan lagi, terutama pada saat diawal pelajaran dan pada saat pergantian jam mengajar.
Hendaknya siswa diberikan kesadaran terhadap kebersihan dan keindahan lingkungan dan hendaknya seluruh guru bekrja sama untuk menggugah kesadaran siswa.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar