Minggu, 22 Januari 2017

laporan magang 1

LAPORAN KEGIATAN MAGANG 1 DI SMP PGRI PAGARALAM Oleh MIRSI ARMANSYA NITRA HAYANI POPI JUNITA PITRI MEI SUCIATI RANI WIDIA ASTUTI RIKO AGUSTIAWAN TEDY EFRIZAL TRIO KRISTIAN TUTI AFRIANI SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP) MUHAMMADIYAH PAGARALAM 2015-2016 Diketahui: Pagaralam, September 2015 Pagaralam, September 2015 Dosen Pembimbing, kepala SMP PGRI Pagaralam NUR ASIAH, M.Pd ELPANSYAH, M.Pd NBM KATA PENGANTAR Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat segala nikmatnya penulis dapat menyelesaikan laporan Magang 1 ini tapat pada waktunya. Laporan ini disusun sebagai syarat penyelesaian magang 1 yang telah penulis laksanakan di SMP PGRI Pagaralam dari tanggal 1 September 2015 sampai dengan 7 September 2015 sekaligus sebagai salah satu persyaratan pada mata kiliyah magang 1 pada Sekolah Tinggi dan Ilmu Kependidikan (STKIP) Muhammadiyah Pagaralam. Penulis menyadari betul dalam penyusunan laporan ini masih banyak sekali kekurangan, maka dari itu penulis harapkan saran dan keritik yang sifatnya mebangun demi kesempurnaan laporan ini. Semoga laporan ini nantinya dapat memberikan manfaat, tidak hanya bagi penulis pribadi akan tetapi juga bermanfaat bagi segenap pihak yang membacanya. Dalam penulisan laporan ini, penulis telah menfapatkan informasi dari berbagai pihak. Maka dalam kesampatan ini penulis ingin mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu selama penulisan laporan ini: Bapak selaku ketua STKIP Muhammadiyah Pagar Alam Bapak Jemiyo Siswanto,S.Pd.M.Pd selaku ketua Prodi Matematika Ibu Nur Asiyah selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak Elfansyah,M,Pd. selaku Kepalah Sekolah SMP PGRI Pagar Alam Bapak Marwan, ST selaku Waka Kurikulum SMP PGRI Pagar Alam Bapak Zilius,S.Pd. selaku waka kesiswaan SMP PGRI Pagar Alam Bapak dan Ibu guru yang selalu memberikan bimbingan dan saran Semua Dewan Guru dan setap Tata Usaha SMP PGRI Pagar Alam Teman-tenan rekan Magang STKIP Muhammadiyah Pagar Alam Siswa-siswi SMP PGRI Pagar Alam Semoga amal baik yang telah diberikan kepada penulis, mendapatkan imbalan pahala dari Allah SWT. Akhirnya penulis mengucapakan terima kasih, harapan penulis semoga laporan ini bermanfaat dan sebagai bahan acuan perbandingan, khususnya bagi teman-teman Mahasiswa STKIP Muhammadiyah yang akan mengikuti mata kuliah Magang 1. Pagaralam, September 2015 Penulis BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Magang merupakan salah satu kegiatan latihan kependidikan yang bersifat intrakurikuler yang dilakukan oleh mahasiswa STKIP Muhammadiyah Pagaralam. Magang mencakup tugas tugas kependidkan, Magang merupakan mata kuliah yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa yang disyaratkan dalam penyelenggaraan program pendidikan yang direncanakan untuk menyiapkan mahasiswa menjadi calon guru yang memiliki dan menguasai kemampuan keguruan yang terpadu secara utuh. Guru adalah Panutan bagi setiap siswa yang mempunyai wawasan, Sikap dan keterampialan sebagai warga Negara yang berpendidikan tinggi ,penguasaan bahan ajar, penguasaan dan pemahaman tentang segala hal yang berhubungan dengan peserta didik, pengauasaan teori dan keterampilan keguruan, pemilikan kemampuan melaksanakan tugas professional dalam hubunganya dalam latar kerjanya secara organisatoris. Adapun Tujuan dari kegiatan observasi ini antar lain, untuk mengetahui keadaan lingkungan sekolah atau keadaan fisik sekolah seperti letak-letak dan tata ruang secara fasilitas pendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut . Selain itu mahasiswa dapat mengenal seluru sataf pengajar, tata usaha dan sataf-staf lainya. Kegiatan Observasi ini dilakukan oleh seluru mahasiswa yang akan melaksanakan MAGANG 1 di SMP PGRI Pagaralam. Kegiatan observasi ini dilakukan sebelum mahasiswa memulai mendapatkan seluru tugas-tugasnya dari sekolah baik itu tanggung jawab terhadap tugas piket dan kegiatan-kegiatan lain yang harus diikuti oleh mahasiswa selama MAGANG. Dalam Kegiatan observasi ini mahasiswa dapat memulai beradaptasi dengan perauran atau kebijakan-kebijakan sekolah serta budaya yang dikembangkan di SMP PGRI Pagaralam. Keemudian Mahasiswa juga dapat melihat hubungan social atau interaksi social baik antara guru dengan guru, guru dengan murid, maupun antara murid itu sendiri. Hal ini dapat mempermudah dalam berinteraksi atau bersosialisasi baik dengan seluru staf maupun dengan siswa. Rumusan Masalah Berdasarkan Latar belakang masalah diatas dapat dirumuskan beberapa masalah sebagai berikut : Bagimanakah kondisi lingkungan sekolah SMP Muhammadiyah Pagaralam, baik secara fisik maupun secara interaksi social ? Bagaimana peraturan atau kebijakan serta budaya yang dikembangkan di SMP Muhammadiyah Pagaralam ? Bagimana Kondisi Kegiatan-kegiatan yang dilakukan mahasiswa selama praktik Magang ? Ruang Lingkup Pelaksanaan magang merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa STKIP Muhammadiyah Pagar Alam di SMP PGRI Pagar Alam mencakup ruang lingkup sekolah, serta kegiatan mahasiswa selama di SMP PGRI Pagar Alam untuk memenuhi persyaratan mata kuliyah magang selnjutnya. Tujuan Magang yang dilaksanakan di SMP PGRI Pagar Alam bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi keleluruhan sekolah SMP PGRI Pagar Alam baik dari sarana dan prasarana maupun guru dan siswanya. Serta magang belajar lebih jauh di SMP PGRI Pagar Alam sebagai lembaga dan institusi kependidikan untuk mencari jati diri seorang pendidik yang profesional dan memantapkan kompetensi akademik kependidkan melalui pengamatan langsung kulkur sekolah,pengamatan untuk membangun kompetensi dasar pidagogik (bisa membimbing siswa) kepribadian dan sosial,pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik,pengamatan langsung proses pembelajaran di kelas. Manfaat Adapun manfaat yang di peroleh bagi mahasiswa di dalam Magang ini adalah : Memperoleh pengalaman dalam melaksanakan tugas keguruan, baik dalam administrasi maupun sosial sekolah Membentuk mental mahasiswa sebagai pendidik Mendekatkan mahasiswa dengan dunia pendidikan formal yang membutuhkan pengetahuan, keterampilan dan kretifitas. BAB II LAPORAN KEGIATAN 2.1 Situasi Umum SMP PGRI Pagaralam adalah salah satu sekolah menengah pertama yang terletak di jalan Laskar Ihcwan Riduan Rais Kecamatan Pagaralam Utara Kota Pagaralam didirikan pada tahun 1958. Adapun identitas SMP PGRI Pagaralam adalah sebagai berikut : Nama Sekolah : SMP PGRI Pagaralam Nomor Statistik : 204110503019 Provinsi : Sumatera Selatan Pemerintah Kota : Pagaralam Kecamatan : Pagaralam Utara Desa/ Kelurahan : Pagaralam Jalan dan Nomor : Laskar Ihcwan Riduan Rais Faksimili/ Faxs : - Kode Pos : 31512 Telepon : (0730) 621623 Daerah : Perkotaan Status Sekolah : Swasta Kelompok Sekolah : A Akreditasi : Terakreditasi Surat Kelembagaan : Nomor: /III4/1,5/86 Tanggal: 01-04-1986 Penerbit Stok : - Tahun Berdiri : 1958 Kegiatan Belajar Mengajar : Pagi dan Siang Bangunan Sekolah : Milik Sendiri Lokasi Sekolah : Jarak ke Pusat Kecamatan : 1 km Jarak ke Pusat Kota/ Kab : 1 km Terletak pada Lintasan : Desa 2.2 STRUKTUR ORGANISASI SMP PGRI PAGARALAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016 2.3 Riwayat singkat berdirinya sekolah Untuk memenuhi kebutuhan pendidikan khususnya tingkat sekolah menengah pertama (SMP) pemerintah kota pagaralam yang dahulu masih bergabung dengan pemerintah kabupaten Lahat pada tahun 1956 mendirikan SMP PGRI Pagar Alam yang merupakan peleburan antara SMP Sore Pagar Alam dan SMP Dempo Pagar Alam. SMP Sore Pagar Alam didirikan oleh: bapak Sauf, bapak Marusin Idris, bapak Rohandiswa, ibu Rohaya Hakim dibantu teman-teman. Sedangkan SMP Dempo Pagar Alam didirikan oleh: bapak E.S.Lambung, bapak situmorang, ibu Djuriah, bapak Wasol dibantu taman-taman. Adapun peleburan itu dilaksanakan melalui hasil musyawarah antara guru- guru SMP Sore Pagar Alam dan SMP Dempo Pagar Alam. Pada awal didirikan SMP PGRI Pagar Alam yang mempunyai luas tanah ± 500m^2 hanya mempunyai 3 ruang kelas, 1 ruang guru, 1 ruang kepalah sekolah, 1 ruang tata usaha (TU), 1 perpustakaan, 2 WC guru, 2 WC siswa, 1 dapur (Ruang Konsumsi) serta lapangan olahraga/upacara (1 Lapangan Volly). SMP PGRI Pagar Alam dari awal berdiri sampai sekarang telah beberapakali berganti pemimpin diantaranya: A.Manaf, pemimpin sebelum tahun 1983 Bapak Indra Syafri, memimpin pada tahun 1984-1991 Bapak Harun, MEMIMPIN pada tahun 1991-1997 Bapak tukimin, memimpin pada tahun 1998-2002 Ibu Dariah, memimpin pada tahun 2002-2006 Bapak Imanudin, memimpin pada tahun 2006-2009 Bapak Mukhlis memimpin pada tahun 2009-2014 Bapak Elfansyah memimpin pada tahun 2014- sekarang Tujuan didirikannya SMP PGRI Pagar Alam yaitu untuk membentuk suatu lembaga sosial yang turut perperan serta mencerdaskan kehidupan bangsa,sesuai dengan tujuan pendidikan. Dalam perkembangannya SMP PGRI Pagar Alam melalui pengembangan sekolah PGRI yang bernilai plus/positif dengan mengembangkan lima program budaya diantaranya : Budaya tertip/disiplin Administrasi sekolah lengkap Disiplin penggunaan anggaran Administrasi sekolah tertata rapi, mudah dicari bila diperlukan Datang dan pulang tepat waktu Pemberian sangsi dan penghargaan Budaya bersih Adanya sistem dalam menjaga kebersihan yang dilibatkan semua warga sekolah Ruang kelas dan kantor bersih dan rapi Meja dan kursi bersih dari coretan Dinding kantor, kelas dan ruangan bersih dari coretan Halaman dan lingkungan sekolah rapi,dan bersih dari sampah kotoran WC siswa bersih Drainase lancar tidak ada air yang tergenang Halaman masuk dan halaman sekolah tidak becek Lingkungan sekolah nyaman Ada tempat samapah (kotak sampah) Ada tempat pembuangan akhir sampah Budaya kebersamaan Ada sistem pembagian tugas warga sekolah Ada prosedur mekanisme kerja yang jelas menyelesaikan tugas Ada jaringan koordinasi dan kerjasama formal dan non formal antar komponen sekolah terkait Warga sekolah membuat target dalam pengembangan sekolah Ada hubungan baik antar warga sekolah, masyarakat, dan diknas Warga sekolah kerasan disekolah Ada dan fungsinya koprasi sekolah Budaya belajar Tidak adanya jam kosong Siswa dan guru memiliki buku pelajaran/refrensi dan sumber lain Mengfungsikan perpustakaan, laboraturium, ruang praktek keahlian Budaya akhlak mulia Berdo`a sewaktu masuk dan dan pulang sekolah Memberikan salam pada semua warga sekolah dan orang lain Melakukan peringatan PHBI Melaksanakan ibadah bersama Memberikan bantuan amal ketika ada musibah Melaksanakan takziah dan tausiyah Peserta didik mencintai kebersihan bersama warga sekolah lainnya Peserta didik dan warga sekolah mencintai ketertipan Terbinahnya sifat tolong menolong atau kebersaan Terbinanya budaya belajar mencintai pengetahuan Terbinanya sifat sopan santun, salin menghargai dan kasih sayang Terbinanya sikap gemar beribadah Budaya akhlak mulia Malu bila selalu datang terlambat Malu bila sering tidak masuk sekolah Malu bila berpakaian tidak rapi Malu bila tidak menjaga kebersihan kelas dan lingkungan sekolah (tidak piket) Malu bila teman sekolah sibuk sementara kita diam saja Malu bila tidak mengerjakan tugas “PR” Malu bila selalu ditegur guru karena tidak mematuhi tata tertib Malu bila selalu mendapat nilai jelek Malu bila tidak berprestasi Malu bila tidak naik/ tidak lulus 2.5 Denah Gedung Sekolah BAB III LAPORAN KEGIATAN 3.1 Visi dan misi sekolah Visi dan misi sekolah SMP PGRI Pagar Alam adalah sebagai berikut : visi unggul dalam prestasi bersama iman dan takwa (IMTAK), indikator : berprestasi dalam bidang akademik berprestasi dalam sainganmasuk skolah lanjutan berpestasi dalam bidang IMTAK berprestasi dalam bidang ekstrakurikuler berprestasi dalam bidang Wiyata Mandala Misi Melaksanakan pembelajaran yang efektif dan efisien Menumbuhkembangkan semangat belajar siswa Mendorong pengembangan potensi siswa Menumbuhkan semangat keunggulan warga sekolah Mewujutkan sekolah sebagai Wiyata Mandala Meningkatakan semangat dan perstasi kerja yang dilandasi oleh iman dan takwa 3.2 Program Umum/Keseluruhan Sekolah 3.2.1 Perencanaan Penyusunan program tahunan Pendataan siswa Pendataan jumlah kebutuhan guru, staf tata usaha dan pembantu karyawan Penyusunan program kegiatan pembelajaran Perencanaan kebutuhan buku pelajaran dan pegangan guru Perencanaan kebutuhan alat dan bahan pelajaran Pendataan tentang perawatan fisik sekolah Pendataan kebutuhan ATK Pendataan kebutuhan peralatan Ekstrakurikuler Kesenian Olahraga 7K Imtaq Sanggar tari Pendataan kebutuhan sarana fisik sekolah Perencanaan kalender pendidikan Penyusunan RAPBS dan RKAS Perencanaan program peningkatan mutu guru Program kesejahteraan guru dan karyawan Program kenaikan pangkat guru dan karyawan Program pembinaan guru dan karyawan Program kelancaran hubungan dan masyarakat Program pelaksanaan study banding dengan sekolah lain Program pembinaan kerjasama sekolah dengan instansi lain 3.2.2 Pengorganisasian Pembentukan staf pembantu kepala sekolah Wakil kepala sekolah Wali kelas Pembina Bidang-bidang layanan Pengaturan staf dan karyawan Pembentukan tim penyusun RAPBS dan RKAS Penunjukan tim pembelian barang Penunjukan tim penerima dan pengeluaran barang Penerbitan SK Beban Kerja Guru dan Staff Tata Usaha Penyusunan tim Penilaian Kinerja Guru dan Angka Kredit 3.2.3 Administrasi KBM Kantor Siswa Karyawan Perlengkapan Keuangan Pembinaan Komite Humas BK 3.2.4 Pelaksanaan Kegiatan Rutin Kegiatan harian Memeriksa daftar hadir guru, tata usaha, dan membantu karyawan Mengatur dan memeriksa kegiatan 7K Memeriksa kegiatan RPP dan persiapan lain yang menunjanng pembelajaraan Menyelesaikan surat menyurat, menerima tamu, dan pekerjaan kantor lainnya Mengatasi hambatan-hambatan terhadap berlangsungnya kegiatan pembelajaran Mengatasi kasus yang terjadi Memeriksa segala sesuatu setelah sekolah selesai Kegiatan mingguan Mengadakan survei kelas Upacara bendera senin dan tanggal 17-an Jum’at bersih dan tausiah singkat setiap hari jum’at Memeriksa keuangan sekolah, BOS, dan sumbangan sukarela Memeriksa agenda dan penyelsaian surat- surat Mengatur penyediaan keperluan perlengkapan/kantor sekolah Kegiatan bulanan Awal bulan .Melaksnakan penyesuaian kegiatan Pengelolaan BOS,infaq,transport GTT/PTT Gaji guru dan kariawan Rencana keperluan perlengkapan sekolah Melaksanakan pemeriksaan terhadap Administrasi kelas Rekapitulasi absensi guru dan karyawan Kumpulan bahan evaluasi dan analisisnya Kumpulan prota,promes,RPP Diagram daya serap siswa Program perbaikan dan pengayaan Buku catatan pelaksanaan bk Akhir bulan Penutupan bulan SPJ keuangan Evaluasi terhadap persediaan dan penggunaan alat dan bahan Kegiatan semesteran Menyelenggarakan perbaikan alat-alat sekolah,kantor dan sarana fisik lainya Pengisian buku induk siswa Menyelenggarakan evaluasi BK,OSIS,UKS, dan Eksrtakulikuler Menyelenggarakan kegiatan tengah semester Mnyelenggarakan kegiatan akhir semester Semesteran Pengisian legger Penetapan nilai raport Buku catatan siswa yang perlu mendapatkan perhatian khusus Pengisian nilai semester Pemberitahuan pemanggilan orang tua siswa sejauh di perlukan untuk konsultasi Kegiatan akhir tahun pelajaran Menyelenggarakan kegiatan belajar tambahan untuk kelas IX Menyelenggarakan try out ,ujian sekolah dan ujian nasional Menyelenggarakan kesiapan kelulusan siswa Pengolahan nilai US/UN Penyiapan bahan bahan untuk rapat pleno kelulusan Penulisan ijazah Penyerahan ijazah dan pelepasan Menyelenggarakan penyiapan kelas dan penyusunan Pengisian legger Penyiapan bahan untuk rapat guru Penerapan nilai raport dan rapat kenaikan kelas Pengisian raport Pembagian raport kenaikan kelas Persiapan PPDB tahun pelajaran yang akan datan Program tahunan kepala sekolah ini tentu saja dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi sekolah serta keputusan dan kebijakan yang berlaku dimana sekolah berada sesuai dengan stakeholder yang terkait,baik itu dari dinas pendidikan atau pemerintah daerahnya.program ini hanya merupakan bagian terkecil dari program sekolah secara keseluruhan,akan tetapi dapat sedikit memberikan sumbangsih terhadap kita yang di berikan tugas tambahan sebagai kepala sekolah.akhirnya kritikdan saran yang membangun untuk melengkapi program ini dapat kiranya menyempurnakan.tentu saja dalam hal ini tidak terlepas dari bebrapa indikator penilaian kinerja kepala sekolah (PKKS) ,yang menjadi bahan utama untuk dapat kiranya seorang kepala sekolah mengayuhkan kemudinya dalam mencapai sasaran mutu di sekolah. BAB IV PENUTUP 4.1 Kesimpulan Selama melakukan magang di SMP PGRI Pagar Alam selama 1 minggu, maka kami menarik kesimpulan sebagai berikut : SMP Muhammadiyah berlokasi di jalan Kombes H.Umar No .1123 ,Yang terlatak di pusat kota yang mudah di jangkau oleh kendaraan umum atau pun pribadi. SMP Muhammadiyah adalah sekolah swasta yang ada di pagaralam yang mempunyai kwalitas terbaik,hal ini dapat dilihat dari banyaknya minat siswa untuk bersekolah di SMP Muhammadiyah. serta tata tertib yang tegas kepada siswa dan menghasilkan lulusan dengan nilai yang memuaskan. Fasilitas gedung yang memadai sehingga dapat mendukung kegiatan belajar-mengajar. Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah Pagaralam dalam menjalankan tugasnya di Bantu oleh wakil kepala sekolah yang membawahi bidang masing-masing. Tata usaha mempunyai peran yang sangat besar guna memperlancar pelaksanaan adminitrasi sekolah dengan baik dan lancar. Hubungan antara Kepala Sekolah dengan Guru,antara sesame guru serta guru dengan siswa sangat berjalan dengan baik sehingga mendukung keadaan yang aman dan tentram di lingkungan SMP Muhammadiyah 4.2 saran Kepada seluruh komponen yang berkompeten terhadap SMP PGRI Pagaralam hendaknyadapat mempertahankan, atau lebih meningkatkan kedisiplinan dankwalitasnya diantara SMP-SMP negeridan swasta di Pagaralam. Kedisiplinan siswa lebih ditingkatkan lagi, terutama pada saat diawal pelajaran dan pada saat pergantian jam mengajar. Hendaknya siswa diberikan kesadaran terhadap kebersihan dan keindahan lingkungan dan hendaknya seluruh guru bekrja sama untuk menggugah kesadaran siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar